Sabtu, 14 April 2012

"ITASHA" , mobilnya sang Otaku.

"ITASHA" , mobilnya sang Otaku.

Itasha dalam bahasa Jepang berarti seorang fans berat anime yang menghias mobil atau kendaraan mereka dengan tokoh2 anime atau manga. Umumnya bukan airbrush tapi dipasangi stiker.
Kalau sepeda motor namanya itansha sedangkan sepeda biasa itachari.
Mobil-mobil ini lazim terlihat lalu lalang di daerah Akihibara (Tokyo), Nipponbashi (Osaka), atau Ōsu (Nagoya).
Pada 1980, ketika Jepang berada di puncak kekuatan ekonominya, jalan-jalan Tokyo adalah parade mobil impor mewah. Di antara mereka, "itasha" awalnya seorang Italia impor mobil yang paling diinginkan. Namun, pada 1990-an, istilah "itai" diadopsi untuk menggambarkan intens, otaku pemujaan yang berhubungan dengan pembunuh berantai Tsutomu Miyazaki.Sejak itu, itasha (sebagai kendaraan yang dihiasi) berasal dari menggabungkan kata-kata Jepang untuk itai (menyakitkan) dan sha (kendaraan).Itai di sini berarti "menyakitkan", yang dapat diartikan sebagai "menyakitkan memalukan" karena otaku masih dianggap sesuatu yang norak dan memalukan di jepang Atau "menyakitkan bagi dompet" karena biaya tinggi yang terlibat. Nama ini juga merupakan pelesetan untuk mobil Italia (Itaria-sha), Dipotong dalam bahasa gaul Jepang sebagai Itasha.

Dekorasi itasha ini dimulai pada tahun 1980 dengan plushies karakter dan stiker,tetapi hanya menjadi fenomena di abad 21, ketika budaya otaku menjadi relatif dikenal melalui Internet. Laporan paling awal dari kendaraan dekorasi dalam konvensi dimulai pada 2005-08, di Pasar Komik 68


Poto-poto mobil Itasha :
Suzumiya Haruhi's Itasha Car


Vocaloid Itasha Car

Misaka Mikoto Itasha Car
Hatsune Miku's Itasha Car




Tidak ada komentar:

Posting Komentar